Satuan Pendidikan : SMANegeri 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran :Fisika
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Kinematika dengan Analisis Vektor
Alokasi Waktu : 4 x 45’
A. Standar Kompetensi
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
B. Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor
C. Indikator
Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada gerak lurus dengan menggunakan vektor
PERTEMUAN I
I. Tujuan Pembelajaran
-.Menyebutkan pengertian vektor satuan
- Menyebutkan jenis vektor satuan
- Menyebutkan pengertian vector posisi
- Menjelaskan bentuk persamaan vector posisi yang dinyatakan dengan vector satuan dalam bidang (x,y) dan dalam ruang
- Menentukan besar vector posisi
- Menyebutkan pengertian perpindahan
- Menjelaskan persamaan perpindahan yang dinyatakan dengan vector satuan
- Menentukan besar perpindahan
- Menentukan fungsi kecepatan rata-rata yang dinyatakan dengan vektor satuan
- Menentukan besar kecepatan rata-rata
II. Materi Ajar
a. Perpindahan
b. Kecepatan rata-rata
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN 1. Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar 2. Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu Masih ingatkah kalian dengan apa yang dimaksud dengan perpindahan? Beda jarak dan perpindahan? 1. Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Apa yang dimaksud dengan vektor? Apa jenis vektor itu? Apakah yang dimaksud dengan vektor posisi? 4. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk Menimbul kan minat belajar siswa 5. Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaranyang akan dicapai KEGIATAN INTI Guru bersam-sama dengan siswa berdiskusi tentang vektor Guru mendiskusikan dan menjelaskan vektor posisi pada bidang dan ruang Guru meminta siswa membedakan antara jarak dan perpindahan dengan vektor posisi Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 4 orang Siswa melakukan diskusi, guru membimbing siswa sambil melakukan penilaian proses Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas Guru memberikan penguatan dan infomasi tambahan hasil diskusi PENUTUP Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi pengertian perpindahan, kecepata rata-rata Guru memberi penilaian terhadap proses pembelajaran dengan memberikan soal-sol yang harus dikerjakan peserta didik | 10 5 15 5 5 15 25 10 | Thinking skill Tinking skill Menhubungkan variabel Memecahkan masalah |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 2
I . Tujuan Pembelajaran
o Menentukan fungsi kecepatan sesaat yang dinyatakan dengan vector satuan
o Menentukan besar kecepatan sesaat
o Menentukan persamaan posisi dari fungsi kecepatan
o Menentukan fungsi percepatan rata-rata yang dinyatakan dengan vektor satuan
o Menentukan besar percepatan rata-rata
o Menentukan fungsi percepatan sesaat yang dinyatakan dengan vektor satuan
o Menentukan besar percepatan sesaat
o Menentukan kecepatan dari fungsi percepatan
II. Materi Ajar
- Kecepatan sesaat
- Percepatan rata-rata
- Percepatan Sesaat
III. Metode Pembelajaran
Diskusi dan Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN a. Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar b. Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu c. Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa konsep tentang turunan dan integral sebagai berikut; f(x) = ax², tentukan turunannya? F(x) = ax³ , tentukan integralnya? d. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat belajar siswa e. Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai KEGIATAN INTI Guru mendiskusikan dan menjelaskan penurunan dan pengintegralan dalam menentukan persamaan kecepatan. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 4 orang, untuk membahaas beberapa soal tentang kecepatan dengan menggunakan turunan dan integral Siswa melakukan diskusi, guru membimbing siswa sambil melakukan penilaian proses Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi pengertian kecepatan sesaat dan menentukan persamaan posisi dari kecepatan PENUTUP Ø Guru memberikan penilaian terhadap prses pembelajaran dengan memberikan soal-soal yang hrs dikerjakan Ø Pemberian tugas Ø Memberikan hand out untuk pertemuan selanjutnya | 10 15 20 5 20 10 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out dan
B. Sumber Belajar
a. a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
Muara Panas, Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Bukit Sundi Guru Mata Pelajaran
Erpenis, S.Pd, M.M Gusmai Yendrawati, S.Pd
NIP. 19600626 198501 1 001 NIP. 19730806 200212 2 005
Satuan Pendidikan : SMANegeri 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran :Fisika
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Kinematika dengan Analisis Vektor
Alokasi Waktu : 4 x 45’
A. Standar Kompetensi
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
B. Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor
C. Indikator
Menganalisis besar kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan vektor
PERTEMUAN 3
I. Tujuan Pembelajaran
-.Menentukan posisi partikel pada gerak melinakar dengan menggunakan sudut θ
- Menentukan kecepatan sudut rata-rata dari gerak melingkar beraturan ( GMB )
- Menentukan kecepatan sudut sesaat dari GMB
- Menentukan posisi sudut dari fungsi kecepatan sudut
- Menentukan percepatan sudut rata-rata dari GMB
- Menentukan percepatan sudut sesaat dari GMB
- Menentukan persamaan kecepatan sudut dari fungsi percepatan sudut
II. Materi Ajar
Posisi Sudut
Kecepatan sudut rata-rata
Kecepatan sudut sesaat
Percepatan sudut rata-rata
Percepatan sudut sesaat
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | Kegiatan | waktu | Life skill |
1 2 3 | Pendahuluan
Masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan gerak lurus? Apa saja persamaannya?
Analogikan persamaan pada gerak lurus terhadap gerak melingkar!
Kegiatan Inti Guru memberikan informasi tentang analogi gerak lurus terhadap gerak melingkar (eksplorasi) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 4 orang (elaborasi) Siswa melakukan diskusi, guru membimbing siswa sambil melakukan penilaian proses (elaborasi) Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas(elaborasi) Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi pengertian posisi sudut, kecepatan sudut rata-rata dan sesaat, percepatan sudut rata-rata dan sesaat (konfirmasi) Menyimpulkan materi pembelajaran (konfirmasi) Penutup Ø Pemberian tugas Ø Memberikan Kuis kecil 5 menit | 10 15 10 20 15 10 5 5 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out dan
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 4
I . Tujuan Pembelajaran
o Menentukan kecepatan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan ( GMBB)
o Menentukan percepatan total pada GMBB
o Menentukan posisi sudut pada GMBB
o Menentukan kecepatan sudut pada GMBB
II. Materi Ajar
GMBB
III. Metode Pembelajaran
Diskusi dan Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN
KEGIATAN INTI Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 4 orang (eksplorasi) Guru memberikan soal-soal penerapan dari geraknlurus dan gerak melingkar yang dikerjakan berkelompok (eksplorasi) Siswa melakukan diskusi, guru membimbing siswa sambil melakukan penilaian proses (konfirmasi) Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas (elaborasi) Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi posisi sudut, kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat dan percepatan sudut rata-rata serta percepatan sudut sesaat dengan fungsi masing-masingnya (konfirmasi) Guru memberi penguatan dan informasi-informasi (konfirmasi) PENUTUP Ø Menyimpulkan materi pembelajaran Pemberian tugas Ø Memberikan hand out Gerak Parabola untuk pertemuan selanjutnya | 10 5 10 25 20 10 5 5 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
Muara Panas, juli 2011
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Bukit Sundi Guru Mata Pelajaran
Erpenis, S.Pd, M.M Gusmai Yendrawati, S.Pd
NIP. 196005261985011001 NIP. 197308062002122005
Satuan Pendidikan : SMANegeri 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran :Fisika
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Kinematika dengan Analisis Vektor
Alokasi Waktu : 4 x 45’
A. Standar Kompetensi
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
B. Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor
C. Indikator
Menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor
PERTEMUAN 5
I.Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan tentang titik acuan
- Menjelaskan tentang kecepatan relatif
- Menentukan posisi partikel pada gerak parabola
- Menentukan kecepatan pada gerak parabola
II. Materi Ajar
Kecepatan Relatif
Gerak Parabola
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN o Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar o Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu § Siswa mengerjakan latihan menulis persamaan kecepatan dan posisi partikel dengan kecepatan tetap dan percepatan tetap o Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan setelah menggulingkan bola dari tepi meja diantaranya : § Apa bentuk lintasan bola itu?? o Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat belajar siswa o Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan indikator yang akan dicapai KEGIATAN INTI Guru memberikan informasi tentang kecepatan relatif Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 4 orang Siswa melakukan diskusi, guru membimbing siswa sambil melakukan penilaian proses Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberi penekanan pada kecepatan relatif dan kecepatan pada gerak parabola PENUTUP Ø Menyimpulkan materi pembelajaran Ø Pemberian tugas Ø Memberikan informasi tentang pertemuan selanjutnya | 10 15 20 5 20 10 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 6
I . Tujuan Pembelajaran
o Menentukan percepatan pada gerak parabola
o Menentukan tinggi maksimum pada gerak parabola
o Menentukan jarak maksimum pada gerak parabola
II. Materi Ajar
Tinggi maksimum dan jarak maksimum pada gerak parabola
III. Metode Pembelajaran
Diskusi dan Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN o Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar o Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu o Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat belajar siswa o Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan indikator yang akan dicapai KEGIATAN INTI Guru memberikan informasi tentang tinggi maksimum pada gerak parabola Mendiskusikan jarak maksimum atau jarak terjauh pada gerak parabola Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberikan penekanan pada tinggi maksimum dan jarak maksimum pada gerak parabola PENUTUP Ø Menyimpulkan materi pembelajaran Ø Pemberian tugas Ø Memberikan informasi tentang materi yang akan dating | 10 15 25 30 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Relajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
Muara Panas, Juni 2011
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Bukit Sundi Guru Mata Pelajaran
Erpenis, S.Pd, M.M Gusmai Yendrawati, S.Pd
NIP. 196005261985011001 NIP. 197308062002122005
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran :Fisika
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Hukum-hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi
Alokasi Waktu : 10 x 45’
A. Standar Kompetensi
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
B. Kompetensi Dasar
Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton
C. Indikator
Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan benda dan jaraknya
Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem
Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda
Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Kepler
PERTEMUAN I
I. Tujuan Pembelajaran
-.Menyebutkan pengertian gaya gesekan
- Menentukan persamaan gaya gesekan
- Membedakan gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis
- Menentukan koefisien gesekan
II. Materi Ajar
Gaya Gesekan
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN Ø Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar Ø Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu Sebutkan kembali bunyi dan contoh-contoh hukum Newton? Apakah yang dimaksud dengan: - gaya berat - gaya tegangan tali - gaya normal - gaya gesekan Ø Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika sebuah mobil membelok dijalan datar yang kasar, gaya apakah yang memberikan gaya sentripetal? Ketika mobil membelok pada jalan miring sangat licin gaya apakah yang menyebabkan gaya sentripetal ? Ø Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan indikator yang akan dicapai KEGIATAN INTI Guru memberikan informasi tentang gaya gesekan Guru mendiskusikan dan menjelaskan persamaan gaya gesekan Siswa dapat membedakan gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberi penekanan pada gaya gesekan PENUTUP Ø Menyimpulkan materi ajar Ø Pemberian tugas Ø Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa | 10 15 20 5 20 10 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan1
Charta
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 2
I . Tujuan Pembelajaran
- Menganalisa gerak benda yang dihubungkan dengan tali melalui sebuah katrol
- Menghitung rumus percepatan menuruni suatu bidang miring yang kasar
- Menganalisa masalah dua benda yang bertumpuk pada bidang horizontal
- Menentukan peranan gaya gesek pada masalah tikungan
II. Materi Ajar
Pemecahan masalah dinamika yang rumit
Peran gaya gesekan pada tikungan
III. Metode Pembelajaran
Diskusi dan Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN Ø Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar Ø Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu Ø Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika sebuah mobil membelok dijalan datar yang kasar, gaya apakah yang memberikan gaya sentripetal? Ketika mobil membelok pada jalan miring sangat licin gaya apakah yang menyebabkan gaya sentripetal ? Ø Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan indikator yang akan dicapai KEGIATAN INTI Guru memberikan informasi tentang gaya gesekan Guru mendiskusikan dan menjelaskan persamaan gaya gesekan Siswa dapat membedakan gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberi penekanan pada gaya gesekan Menyimpulkan materi ajar PENUTUP Ø Menyimpulkan materi ajar Ø Pemberian tugas Ø Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa | 10 10 20 10 5 20 5 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 3
I. Tujuan Pembelajaran
- Merumuskan Hukum Gravitasi Umum Newton
- Menentukan tetapan Gravitasi G
- Menentukan Resultan Gaya Gravitasi pada suatu benda
-
II. Materi Ajar
- Perumusan Hukum Gravitasi Umum Newton
- Tetapan Gravitasi G
- Resultan Gaya Gravitasi pada suatu benda
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN
Tahukah kalian bahwa benda yang di jatuhkan kebawah bersentuhan dengan bumi karena adanya gaya gravitasi
KEGIATAN INTI Guru memberikan informasi tentang menentukan Tetapan gravitasi Guru membagi bersama siswa menurunkan persamaa Umum Gravitasi Newton tentang gaya tarik dua buah benda Siswa dan guru melakukan diskusi, tuntuk menemukan resultan gaya gravitasi pada suatu benda Siswa mengerjakan latihan di bimbing guru dan membahas di depan guru PENUTUP Ø Menyimpulkan materi ajar Ø Pemberian tugas Ø Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa | 10 15 20 25 10 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 4
I . Tujuan Pembelajaran
o Menvisualisasi Medan gravitasi
o Menentukan kuat Medan gravitasi
o Menjelaskan percepatan gravitasi pada ketinggian tertentu diatas permukaan bumi
o Menentukan menentukan perbandingan percepatan gravitasi dua buah planet
o Menjelaskan resultan percepatan gravitasi pada statu titik
II. Materi Ajar
- Medan Gravitasi
- Kuat Medan magnet
- Percepatan gravitasi Pada ketinggian tertentu
- Percepatan gravitasi Dua buah Planet
- Resultan Percepatan Gravitasi Pada statu titik
III. Metode Pembelajaran
Diskusi dan Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN
KEGIATAN INTI Guru bersama siswa menvisualisasikan Medan gravitasi Siswa dan melakukan diskusi, untuk Menentukan kuat Medan gravitasi Siswa dan guru bersama sama menemukan Percepatan gravitasi Pada ketinggian tertentu Guru mendiskusikan Percepatan gravitasi Dua buah Planet Guru menjelaskan Resultan Percepatan Gravitasi Pada statu titik Guru membimbing siswa mengerjakan latihan PENUTUP Ø Menyimpulkan materi pembelajaran Ø Pemberian tugas Ø Memberikan ringkasan untuk pertemuan selanjutnya | 10 15 15 10 10 10 10 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand out
B. Sumber belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 5
I . Tujuan Pembelajaran
o Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum
II. Materi Ajar
- Hukum- hukum Kepler
III. Metode Pembelajaran
Diskusi dan Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN a. Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar b. Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu c. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat belajar siswa d. Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai KEGIATAN INTI Guru menjelaskan Hukum –hukum kepler untuk meganalisis gerak planet dalam tata surya Guru membimbing siswa mengerjakan latihan dan membahas di depan kelas Guru memberikan kuis PENUTUP Ø Menyimpulkan materi pembelajaran Ø Pemberian tugas Ø Memberikan ringkasan untuk pertemuan selanjutnya | 10 20 30 20 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out
B. Sumber Belajar
a a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
.VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
Muara Panas, Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Bukit Sundi Guru Mata Pelajaran
Erpenis, S.Pd, M.M GusmaiYendrawati, S.Pd
NIP. 196905261985011001 NIP. 1973080620022005
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran :Fisika
Kelas / Semester : XI / 1
Materi Pokok : Elastisitas
Alokasi Waktu : 8x 45’
A. Standar Kompetensi
Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik
B. Kompetensi Dasar
Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
C. Indikator
Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elastis berdaraskan data percobaan (grafik)
Mengidentifikasi modulus elastisitas dan konstanta gaya
Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data pengamatan
Menganalisis susunan pegas seri dan paralel
PERTEMUAN I
I. Tujuan Pembelajaran
- - Merumuskan konsep elastisitas
- Mengelompokan benda berdasarkan sifat elastisnya
- Menjelaskan Konsep tegangan, regangan dan modulus elastis
II. Materi Ajar
Elastisitas Bahan
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN Ø Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar Ø Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu. Ø Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika kamu tidur diatas spring bed terasa kasurnya Turun, apa yang akan terjadi jika kamu bangkit dan beranjak darinya?mengapa demikian? Bandingkan kamu tidur diatas dipan yang berkasur kapuk Ø Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai KEGIATAN INTI Siswa melakukan percobaan memberi gaya pada berbagai jenis benda dan mendiskusikan gejala yang terjadi untuk merumuskan konsep elastisitas Siswa mencatat hasil diskusi dan menyimpulkan Guru dan siswa mendiskusikan kelompok benda berdasarkan sifat elastisnya Guru dan siswa mendiskusikan Konsep tegangan, regangan dan modulus elastis Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi PENUTUP Ø Menyimpulkan materi pembelajaran Ø Pemberian tugas Ø Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan datang pada siswa | 10 10 5 10 15 20 10 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Charta
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 2
I . Tujuan Pembelajaran
- Menformulasikan konsep gaya pegas
- Menformulasikan tetapan gaya
- Menjelaskan Energi Potensial pegas
II. Materi Ajar
Gaya pegas
III. Metode Pembelajaran
Demonstrasi Diskusi dan Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 | PENDAHULUAN Ø Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar Ø Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu. Ø Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika kamu tidur diatas spring bed terasa kasurnya Turun, apa yang akan terjadi jika kamu bangkit dan beranjak darinya?mengapa demikian? Bandingkan kamu tidur diatas dipan yang berkasur kapuk Ø Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai KEGIATAN INTI Siswa melakukan percobaan memberi gaya pada berbagai jenis benda dan mendiskusikan gejala yang terjadi untuk merumuskan konsep elastisitas Siswa mencatat hasil diskusi dan menyimpulkan Guru dan siswa mendiskusikan kelompok benda berdasarkan sifat elastisnya Guru dan siswa mendiskusikan Konsep tegangan, regangan dan modulus elastis Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi PENUTUP Ø Menyimpulkan materi pembelajaran Ø Pemberian tugas Ø Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan datang pada siswa | 10 15 5 10 20 20 10 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
A.Kegiatan Awal
Ø Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
Ø Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
Ø Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut;
Bagaimana pengaruh gaya pada suatu kawat?
Ø Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
B.Kegiatan Inti
Melalui diskusi informasi Guru menjelaskan pengertian gaya pegas
Siswa bersama guru menformulasikan tetapan gaya pegas
Guru menjelaskan energi potensial pegas melalui diskusi informasi
Siswa mengerjakan latihan di bimbing guru dan membahas di depan guru
Guru menyimpulkan materi pelajaran
C.Kegiatan Akhir
Ø Menyimpulkan mareri pembelajaran
Ø Pemberian tugas
Ø Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand Out
B. Sumber Belajar
a. a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 3
I. Tujuan Pembelajaran
- Menyelidiki hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang pegas
- Menyimpulkan hasil percobaan dan mendiskusikan
- Menjelaskan hukum Hooke pada pegas
II. Materi Ajar
Hukum Hooke
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, Ceramah, Pratikum
IV. angkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 |
Ø Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar Ø Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu. Ø Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika kamu tidur diatas spring bed terasa kasurnya Turun, apa yang akan terjadi jika kamu bangkit dan beranjak darinya?mengapa demikian? Bandingkan kamu tidur diatas dipan yang berkasur kapuk Ø Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pmbelajaran yang akan dicapai B.Kegiatan Inti Mempersiapkan alat dan bahan untuk percobaan menemukan hubungan gaya tarik dan terhadap pegas dengan pertambahan panjang pegas Guru dan mendiskusikan hasil percobaan Siswa menyimpulkan hokum Hooke secara matematik Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberi penekanan pada Hukum Hooke pada pegas C.Kegiatan Akhir Ø Menyimpulkan materi pembelajaran Ø Pemberian tugas Ø Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa | 10 15 20 5 20 10 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Hand out
B. Sumber Belajar
a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif , Afektif dan Psikomotor
Aspek Kognitif : Terlampir
PERTEMUAN 4
I. Tujuan Pembelajaran
- Menganalisis Penerapan pegas seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari
- Menyelesaikan permasalahan pegas di susun seri dan paralel
II. Materi Ajar
Susunan Seri dan Paralel Pegas
III. Metode Pembelajaran
Diskusi, Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO | KEGIATAN | WAKTU | LIFE SKILL |
1 2 3 |
Ø Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar Ø Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu. Ø Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika kamu tidur diatas spring bed terasa kasurnya Turun, apa yang akan terjadi jika kamu bangkit dan beranjak darinya?mengapa demikian? Bandingkan kamu tidur diatas dipan yang berkasur kapuk Ø Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaranyang akan dicapai B.Kegiatan Inti Siswa bersama Guru mendiskusikan Susunan seri pegas dan menyimpulkan rumusan Matematiknya Siswa bersama Guru mendiskusikan Susunan Paralel pegas dan menyimpulkan rumusan Matematiknya Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi C.Kegiatan Akhir Ø Menyimpulkan materi pembelajaran Ø Pemberian tugas Ø Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa | 10 15 20 25 10 10 | Thinking skill Thingking skill Memecahkan masalah Mengolah informasi |
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
Charta
B. Sumber Belajar
a. a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian : Kognitif dan Afektif
Aspek Kognitif : Terlampir
Muara Panas, Juli 2011
Mengetahui
Kepala SMAN 1 Bukit Sundi Guru Mata Pelajaran
Erpenis, S.Pd, M.M GusmaiYendrawati, S.Pd
NIP. 196905261985011001 NIP. 1973080620022005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar