Jumat, 28 Oktober 2011

RPP FISIKA KELAS XI IPA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
NO . 1

Satuan Pendidikan    : SMANegeri 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran          :Fisika
Kelas / Semester         : XI / 1
Materi Pokok             : Kinematika dengan Analisis Vektor
Alokasi Waktu           : 4 x 45’

A. Standar Kompetensi
            Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

B. Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor

C. Indikator
*      Menganalisis besaran perpindahan, kecepatan dan percepatan pada gerak lurus dengan menggunakan vektor

PERTEMUAN I
I.  Tujuan Pembelajaran
            -.Menyebutkan pengertian vektor satuan
            - Menyebutkan jenis vektor satuan
            - Menyebutkan pengertian vector posisi
- Menjelaskan bentuk persamaan vector posisi yang dinyatakan dengan vector            satuan dalam bidang (x,y) dan dalam ruang
            - Menentukan besar vector posisi
            - Menyebutkan pengertian perpindahan
            - Menjelaskan persamaan perpindahan yang dinyatakan dengan vector satuan
            - Menentukan besar perpindahan
            - Menentukan fungsi kecepatan rata-rata yang dinyatakan dengan vektor satuan
            - Menentukan besar kecepatan rata-rata

II. Materi Ajar
a.       Perpindahan
b.      Kecepatan rata-rata

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi, Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1


















2
















3

PENDAHULUAN     
1.       Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan
       kondisi kelas untuk belajar
2.       Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa  untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
Masih ingatkah kalian dengan apa yang dimaksud dengan perpindahan? Beda jarak dan perpindahan?
1.      Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru   
      mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai     
      berikut;
       Apa yang dimaksud dengan vektor? Apa jenis
       vektor itu?
       Apakah yang dimaksud dengan vektor posisi?
4.      Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk      Menimbul kan minat belajar siswa
5.      Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru 
 menyampaikan tujuan pembelajaranyang
 akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Guru bersam-sama dengan siswa berdiskusi  
          tentang vektor
*      Guru mendiskusikan  dan menjelaskan  
          vektor posisi pada bidang dan ruang
*      Guru meminta siswa membedakan antara
          jarak dan perpindahan dengan vektor posisi
*      Guru membagi siswa menjadi beberapa 
         kelompok dengan anggota masing-masing 4 
         orang
*      Siswa melakukan diskusi, guru membimbing
           siswa sambil melakukan penilaian proses
*      Siswa mempresentasikan hasil kerja
          kelompoknya didepan kelas
*             Guru memberikan penguatan dan infomasi
          tambahan hasil diskusi

PENUTUP
*             Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi  
           pengertian perpindahan, kecepata  rata-rata
*             Guru memberi penilaian terhadap proses pembelajaran dengan memberikan soal-sol yang harus dikerjakan peserta didik
                                                             
     10



















5

15

5


5


15

25




10
Thinking skill




















Tinking skill

Menhubungkan variabel





Memecahkan masalah















V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
     A. Alat dan Bahan
            Hand Out
     B. Sumber Belajar
            a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
            b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
            c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
            d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
      A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
      B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
      C. Aspek Penilaian                        : Kognitif dan Afektif
          Aspek Kognitif                         : Terlampir

PERTEMUAN 2
I . Tujuan Pembelajaran
o   Menentukan fungsi kecepatan sesaat yang dinyatakan dengan vector satuan
o   Menentukan besar kecepatan sesaat
o   Menentukan persamaan posisi dari fungsi kecepatan
o   Menentukan fungsi percepatan rata-rata yang dinyatakan dengan vektor satuan
o   Menentukan besar percepatan rata-rata
o   Menentukan fungsi percepatan sesaat yang dinyatakan dengan vektor satuan
o   Menentukan besar percepatan sesaat
o   Menentukan kecepatan dari fungsi percepatan
II. Materi Ajar
-          Kecepatan sesaat
-          Percepatan rata-rata
-          Percepatan Sesaat

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi dan Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1
















2
















3
PENDAHULUAN
a.       Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
b.      Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
c.       Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa konsep tentang turunan dan integral sebagai berikut;
f(x) = ax², tentukan turunannya?
F(x) = ax³ , tentukan integralnya?
d.      Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat   belajar siswa
e.       Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Guru mendiskusikan  dan menjelaskan penurunan dan pengintegralan dalam menentukan persamaan kecepatan.
*      Guru  membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 4 orang, untuk membahaas beberapa soal tentang kecepatan dengan menggunakan turunan dan integral
*      Siswa melakukan diskusi, guru membimbing siswa sambil melakukan penilaian proses
*      Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi pengertian  kecepatan sesaat dan menentukan persamaan posisi dari kecepatan

PENUTUP
Ø   Guru memberikan penilaian terhadap prses
             pembelajaran dengan memberikan soal-soal 
             yang hrs dikerjakan
Ø   Pemberian tugas
Ø   Memberikan hand out untuk pertemuan
            selanjutnya


10

















15



20




5

20

10




10






Thinking skill















Thingking skill





Memecahkan masalah

Mengolah informasi







V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
      Hand Out dan
B. Sumber Belajar
      a. a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
      d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir





                                                                                            Muara Panas, Juli 2011
       Mengetahui
       Kepala SMAN 1 Bukit Sundi                                      Guru Mata Pelajaran

           
       Erpenis, S.Pd, M.M                                                     Gusmai Yendrawati, S.Pd
       NIP. 19600626 198501 1 001                                     NIP. 19730806 200212 2 005


































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
NO. 2

Satuan Pendidikan    : SMANegeri 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran          :Fisika
Kelas / Semester         : XI / 1
Materi Pokok             : Kinematika dengan Analisis Vektor
Alokasi Waktu           : 4 x 45’


A. Standar Kompetensi
            Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

B. Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor

C. Indikator
*      Menganalisis besar kecepatan dan percepatan pada gerak melingkar dengan menggunakan  vektor

PERTEMUAN 3
I.  Tujuan Pembelajaran
            -.Menentukan posisi partikel pada gerak melinakar dengan menggunakan sudut θ
            - Menentukan kecepatan sudut rata-rata dari gerak melingkar beraturan ( GMB )
            - Menentukan kecepatan sudut sesaat dari GMB
            - Menentukan posisi sudut dari fungsi kecepatan sudut
            - Menentukan percepatan sudut rata-rata dari GMB
            - Menentukan percepatan sudut sesaat dari GMB
            - Menentukan persamaan kecepatan sudut dari fungsi percepatan sudut

II. Materi Ajar
Posisi Sudut
Kecepatan sudut  rata-rata
Kecepatan sudut sesaat
Percepatan sudut rata-rata
Percepatan sudut sesaat

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi, Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
Kegiatan
waktu
Life skill
1


















2














3






Pendahuluan
    1. Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
    2. Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
Masih ingatkah kalian  apa yang dimaksud dengan gerak lurus? Apa saja persamaannya? 
    1. Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut;
Analogikan persamaan pada gerak lurus terhadap gerak melingkar!
    1. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat  belajar siswa
    2. Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Kegiatan Inti
*      Guru memberikan informasi tentang analogi gerak lurus terhadap gerak melingkar (eksplorasi)
*      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 4 orang (elaborasi)
*      Siswa melakukan diskusi, guru membimbing siswa sambil melakukan penilaian proses (elaborasi)
*      Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas(elaborasi)
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi pengertian posisi sudut, kecepatan sudut rata-rata dan sesaat, percepatan sudut rata-rata dan sesaat (konfirmasi)
*      Menyimpulkan materi pembelajaran (konfirmasi)

Penutup
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan Kuis kecil 5 menit


10


















15

10

20

15

10


5



5


Thinking skill

















Thingking skill





Memecahkan masalah

Mengolah informasi


V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
      Hand Out dan
B. Sumber Belajar
      a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
      d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir

PERTEMUAN 4
I . Tujuan Pembelajaran
o   Menentukan kecepatan sudut pada gerak melingkar berubah beraturan ( GMBB)
o   Menentukan percepatan total pada GMBB
o   Menentukan posisi sudut pada GMBB
o   Menentukan kecepatan sudut pada GMBB

II. Materi Ajar
            GMBB

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi dan Ceramah





IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1











2


















3



PENDAHULUAN
    1. Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
    2. Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
    3. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat           belajar siswa
    4. Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 4 orang (eksplorasi)
*      Guru memberikan soal-soal penerapan dari geraknlurus dan gerak melingkar yang dikerjakan berkelompok (eksplorasi)
*      Siswa melakukan diskusi, guru membimbing siswa sambil melakukan penilaian proses (konfirmasi)
*      Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas (elaborasi)
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi posisi sudut, kecepatan sudut rata-rata dan kecepatan sudut sesaat dan percepatan sudut rata-rata serta percepatan sudut sesaat dengan fungsi masing-masingnya (konfirmasi)
*      Guru memberi penguatan dan informasi-informasi (konfirmasi)
PENUTUP
Ø  Menyimpulkan materi pembelajaran Pemberian tugas
Ø  Memberikan hand out Gerak Parabola untuk pertemuan selanjutnya


10












5

10


25

20

10




5



5


Thinking skill









Thingking skill




Memecahkan masalah

Mengolah informasi

 V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
      Hand Out
B. Sumber Belajar
      a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
      d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir
                                                                                            Muara Panas, juli 2011
       Mengetahui
       Kepala SMAN 1 Bukit Sundi                                      Guru Mata Pelajaran

           
       Erpenis, S.Pd, M.M                                                     Gusmai Yendrawati, S.Pd
       NIP. 196005261985011001                                        NIP. 197308062002122005
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
NO. 3

Satuan Pendidikan    : SMANegeri 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran          :Fisika
Kelas / Semester         : XI / 1
Materi Pokok             : Kinematika dengan Analisis Vektor
Alokasi Waktu           : 4 x 45’

A. Standar Kompetensi
            Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

B. Kompetensi Dasar
Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan vektor

C. Indikator
*      Menganalisis besaran perpindahan dan kecepatan pada gerak parabola dengan menggunakan vektor

PERTEMUAN 5
I.Tujuan Pembelajaran
  • Menjelaskan tentang titik acuan
  • Menjelaskan tentang kecepatan relatif
  • Menentukan posisi partikel pada gerak parabola
  • Menentukan kecepatan pada gerak parabola

II. Materi Ajar
Kecepatan Relatif
Gerak Parabola

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi, Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1























2














3



PENDAHULUAN
o   Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
o   Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
§  Siswa mengerjakan latihan menulis persamaan kecepatan dan posisi partikel dengan kecepatan tetap dan percepatan tetap
o   Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan setelah menggulingkan bola dari tepi meja diantaranya :
§  Apa bentuk lintasan bola itu??
o   Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat           belajar siswa
o   Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan indikator yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Guru memberikan informasi tentang kecepatan relatif
*      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dengan anggota masing-masing 4 orang
*      Siswa melakukan diskusi, guru membimbing siswa sambil melakukan penilaian proses
*      Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya didepan kelas
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberi penekanan pada kecepatan relatif dan kecepatan pada gerak parabola

PENUTUP
Ø  Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi tentang pertemuan selanjutnya


10























15

20


5


20

10




10






Thinking skill

















Thingking skill

Memecahkan masalah


Mengolah informasi


V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
      Hand Out

B. Sumber Belajar
      a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
            c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
            d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir

PERTEMUAN 6

I . Tujuan Pembelajaran
o   Menentukan percepatan pada gerak parabola
o   Menentukan tinggi maksimum pada gerak parabola
o   Menentukan jarak maksimum pada gerak parabola

II. Materi Ajar
            Tinggi maksimum dan jarak maksimum pada gerak parabola

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi dan Ceramah







IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1













2










3



PENDAHULUAN
o   Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
o   Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
o   Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat           belajar siswa
o   Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan indikator yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Guru memberikan informasi tentang tinggi maksimum pada gerak parabola
*      Mendiskusikan jarak maksimum atau jarak terjauh pada gerak parabola
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberikan penekanan pada tinggi maksimum dan jarak maksimum pada gerak parabola


PENUTUP
Ø  Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi tentang materi yang akan dating



10













15

25

30






10






Thinking skill











Thingking skill

Memecahkan masalah

Mengolah informasi


V. Alat dan Bahan / Sumber Relajar
A. Alat dan Bahan
      Hand Out
B. Sumber Belajar
      a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
            d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian               : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                             : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                 : Kognitif dan Afektif
    Aspek Kognitif                   : Terlampir


                                                                                            Muara Panas,  Juni 2011
       Mengetahui
       Kepala SMAN 1 Bukit Sundi                                      Guru Mata Pelajaran

           
       Erpenis, S.Pd, M.M                                                     Gusmai Yendrawati, S.Pd
       NIP. 196005261985011001                                        NIP. 197308062002122005
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No 4

Satuan Pendidikan    : SMAN 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran          :Fisika
Kelas / Semester         : XI / 1
Materi Pokok             : Hukum-hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi
Alokasi Waktu           : 10 x 45’


A. Standar Kompetensi
            Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

B. Kompetensi Dasar
Menganalisis keteraturan gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum-hukum Newton

C. Indikator
*      Menganalisis hubungan antara gaya gravitasi dengan benda dan jaraknya
*      Menghitung resultan gaya gravitasi pada benda titik dalam suatu sistem
*      Membandingkan percepatan gravitasi dan kuat medan gravitasi pada kedudukan yang berbeda
*      Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum Kepler

PERTEMUAN I
I.  Tujuan Pembelajaran
            -.Menyebutkan pengertian gaya gesekan
            - Menentukan persamaan gaya gesekan
            - Membedakan gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis
            - Menentukan koefisien gesekan

II. Materi Ajar
            Gaya Gesekan

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi, Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1
























2













3



PENDAHULUAN
Ø  Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
Ø  Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan             ingatan siswa tentang materi terdahulu
      Sebutkan kembali bunyi  dan  contoh-contoh hukum Newton?
      Apakah yang dimaksud dengan:
      - gaya berat        - gaya tegangan tali
      - gaya normal     - gaya gesekan
Ø  Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut;
       Ketika sebuah mobil membelok dijalan  
       datar yang kasar, gaya apakah yang     
       memberikan gaya sentripetal?
                      Ketika mobil membelok pada jalan   
                      miring sangat licin gaya apakah yang
                      menyebabkan gaya sentripetal ?
Ø  Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan indikator yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Guru memberikan informasi tentang gaya gesekan
*      Guru mendiskusikan  dan menjelaskan persamaan gaya gesekan
*      Siswa dapat membedakan gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis
*      Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberi penekanan pada gaya gesekan

PENUTUP
Ø  Menyimpulkan materi ajar
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa


10
























15

20

5

20


10




10






Thinking skill



Thingking skill



Memecahkan masalah




Mengolah informasi


V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan1
      Charta
B. Sumber Belajar
      a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
      d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir
PERTEMUAN 2
I . Tujuan Pembelajaran
  • Menganalisa gerak benda yang dihubungkan dengan tali melalui sebuah katrol
  • Menghitung rumus percepatan menuruni suatu bidang miring yang kasar
  • Menganalisa masalah dua benda yang bertumpuk pada bidang horizontal
  • Menentukan peranan gaya gesek pada masalah tikungan
II. Materi Ajar
*      Pemecahan masalah dinamika yang rumit
*      Peran gaya gesekan pada tikungan
III. Metode Pembelajaran
            Diskusi dan Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1

















2














3



PENDAHULUAN
Ø  Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
Ø  Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
Ø  Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut;
Ketika sebuah mobil membelok dijalan datar yang kasar, gaya apakah yang memberikan gaya sentripetal?
Ketika mobil membelok pada jalan miring sangat licin gaya apakah yang menyebabkan gaya sentripetal ?
Ø  Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan indikator yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Guru memberikan informasi tentang gaya gesekan
*      Guru mendiskusikan  dan menjelaskan persamaan gaya gesekan
*      Siswa dapat membedakan gaya gesekan statis dan gaya gesekan kinetis
*      Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberi penekanan pada gaya gesekan
*      Menyimpulkan materi ajar

PENUTUP
Ø  Menyimpulkan materi ajar
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa


10

















10

20

10


5

20


5


10






Thinking skill



Thingking skill



Memecahkan masalah




Mengolah informasi


V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
           Hand Out
B. Sumber Belajar
            a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
            b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
            c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
            d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir
PERTEMUAN 3
I. Tujuan Pembelajaran
       - Merumuskan Hukum Gravitasi Umum Newton
       - Menentukan tetapan Gravitasi G
       - Menentukan Resultan Gaya Gravitasi pada suatu benda
-           
II. Materi Ajar
           - Perumusan Hukum Gravitasi Umum Newton
           - Tetapan Gravitasi G
           - Resultan Gaya Gravitasi pada suatu benda

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi, Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1
















2












3



PENDAHULUAN
    1. Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
    2. Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
Tahukah kalian  bahwa benda yang di jatuhkan kebawah bersentuhan dengan bumi karena adanya gaya gravitasi
    1. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat           belajar siswa
    2. Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Guru memberikan informasi tentang menentukan Tetapan gravitasi
*      Guru membagi bersama siswa menurunkan persamaa Umum Gravitasi Newton tentang gaya tarik dua buah benda
*      Siswa dan guru melakukan diskusi, tuntuk menemukan resultan gaya gravitasi pada suatu benda
*      Siswa mengerjakan latihan di bimbing guru dan membahas di depan guru

PENUTUP
Ø  Menyimpulkan materi ajar
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa


10
















15

20



25


10



10






Thinking skill















Thingking skill

Memecahkan masalah


Mengolah informasi


V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
      Hand Out
B. Sumber Belajar
      a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
      d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir



PERTEMUAN 4
I . Tujuan Pembelajaran
o   Menvisualisasi Medan gravitasi
o   Menentukan kuat Medan gravitasi
o   Menjelaskan percepatan gravitasi pada ketinggian tertentu diatas permukaan bumi
o   Menentukan menentukan perbandingan percepatan gravitasi dua buah planet
o   Menjelaskan resultan percepatan gravitasi pada statu titik

II. Materi Ajar
          - Medan Gravitasi
          - Kuat Medan magnet
          - Percepatan gravitasi Pada ketinggian tertentu
          - Percepatan gravitasi Dua buah Planet
          - Resultan Percepatan Gravitasi Pada statu titik

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi dan Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1













2















3



PENDAHULUAN
    1. Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
    2. Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
    3. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk menimbulkan minat           belajar siswa
    4. Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Guru bersama siswa menvisualisasikan Medan gravitasi
*      Siswa dan melakukan diskusi, untuk Menentukan kuat Medan gravitasi
*      Siswa dan guru bersama sama menemukan Percepatan gravitasi Pada ketinggian tertentu
*      Guru mendiskusikan Percepatan gravitasi Dua buah Planet
*      Guru menjelaskan Resultan Percepatan Gravitasi Pada statu titik
*      Guru membimbing siswa mengerjakan latihan


PENUTUP
Ø  Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan ringkasan untuk pertemuan selanjutnya


10













15

15

10


10

10

10




10






Thinking skill











Thingking skill


Memecahkan masalah


Mengolah informasi




V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
     A. Alat dan Bahan
            Hand out
     B. Sumber belajar
            a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
            b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
            c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
            d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
    Aspek Kognitif             : Terlampir

PERTEMUAN 5
I . Tujuan Pembelajaran
o   Menganalisis gerak planet dalam tata surya berdasarkan hukum
II. Materi Ajar
    - Hukum- hukum Kepler
III. Metode Pembelajaran
            Diskusi dan Ceramah
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1











2






3



PENDAHULUAN
a.                                                        Guru mengabsen siswa dan  mempersiapkan
     kondisi kelas untuk belajar
b.   Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa
              untuk membangkitkan ingatan siswa tentang 
              materi terdahulu
c.    Guru memberikan motivasi kepada siswa
     untuk menimbulkan minat belajar siswa      
d.   Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru  menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai 
  
KEGIATAN INTI
*   Guru menjelaskan Hukum –hukum kepler untuk meganalisis gerak planet dalam tata surya
*   Guru membimbing siswa mengerjakan latihan dan membahas di depan kelas
*   Guru memberikan kuis

PENUTUP
Ø Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø Pemberian tugas
Ø Memberikan ringkasan untuk pertemuan  
    selanjutnya

10











20


30

20


10



Thinking skill










Thingking skill
Memecahkan masalah
Mengolah informasi



V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
      Hand Out
B. Sumber Belajar
      a a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
      d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

.VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir





                                                                                            Muara Panas, Juli 2011
            Mengetahui
            Kepala SMAN 1 Bukit Sundi                                 Guru Mata Pelajaran

           
            Erpenis, S.Pd, M.M                                                  GusmaiYendrawati, S.Pd
            NIP. 196905261985011001                                     NIP. 1973080620022005










































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
No 5

Satuan Pendidikan    : SMAN 1 Bukit Sundi
Mata Pelajaran          :Fisika
Kelas / Semester         : XI / 1
Materi Pokok             : Elastisitas
Alokasi Waktu           : 8x 45’


A. Standar Kompetensi
            Menganalisis gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik

B. Kompetensi Dasar
Menganalisis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan

C. Indikator
*      Mendeskripsikan karakteristik gaya pada benda elastis berdaraskan data percobaan (grafik)
*      Mengidentifikasi modulus elastisitas dan konstanta gaya
*      Membandingkan tetapan gaya berdasarkan data pengamatan
*      Menganalisis susunan pegas seri dan paralel

PERTEMUAN I

I.  Tujuan Pembelajaran
-           - Merumuskan konsep elastisitas
            - Mengelompokan benda berdasarkan sifat elastisnya
            - Menjelaskan Konsep tegangan, regangan dan modulus elastis
                                                                           
II. Materi Ajar
            Elastisitas Bahan

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi, Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1



















2













3



PENDAHULUAN
Ø  Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
Ø  Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu.
Ø  Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika kamu tidur diatas spring bed terasa kasurnya Turun, apa yang akan terjadi jika kamu bangkit dan beranjak darinya?mengapa demikian? Bandingkan kamu tidur diatas dipan yang berkasur kapuk
Ø  Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Siswa melakukan percobaan  memberi gaya pada berbagai jenis benda dan mendiskusikan gejala yang terjadi untuk merumuskan konsep elastisitas
*      Siswa mencatat hasil diskusi dan menyimpulkan
*      Guru dan siswa mendiskusikan  kelompok  benda berdasarkan sifat elastisnya
*      Guru dan siswa mendiskusikan  Konsep tegangan, regangan dan modulus elastis
*      Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi

PENUTUP
Ø  Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan datang pada siswa

10
















10



5

10


15

20


10



10






Thinking skill

















Thingking skill

Memecahkan masalah


Mengolah informasi


  V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
      Charta
B. Sumber Belajar
      a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
      d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir


PERTEMUAN 2

I . Tujuan Pembelajaran
  • Menformulasikan konsep gaya pegas
  • Menformulasikan tetapan gaya
  • Menjelaskan Energi Potensial pegas

II. Materi Ajar
            Gaya pegas

III. Metode Pembelajaran
            Demonstrasi Diskusi dan Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1
















2

















3



PENDAHULUAN
Ø  Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
Ø  Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu.
Ø  Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika kamu tidur diatas spring bed terasa kasurnya Turun, apa yang akan terjadi jika kamu bangkit dan beranjak darinya?mengapa demikian? Bandingkan kamu tidur diatas dipan yang berkasur kapuk
Ø  Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

KEGIATAN INTI
*      Siswa melakukan percobaan  memberi gaya pada berbagai jenis benda dan mendiskusikan gejala yang terjadi untuk merumuskan konsep elastisitas
*      Siswa mencatat hasil diskusi dan menyimpulkan
*      Guru dan siswa mendiskusikan  kelompok  benda berdasarkan sifat elastisnya
*      Guru dan siswa mendiskusikan  Konsep tegangan, regangan dan modulus elastis
*      Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi

PENUTUP
Ø  Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan datang pada siswa

10
















15



5

10


20

20


10



10






Thinking skill

















Thingking skill

Memecahkan masalah


Mengolah informasi


A.Kegiatan Awal
Ø  Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
Ø  Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu
Ø  Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut;
Bagaimana pengaruh gaya pada suatu kawat?
Ø  Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

B.Kegiatan Inti
*      Melalui diskusi informasi Guru menjelaskan pengertian gaya pegas
*      Siswa bersama guru menformulasikan tetapan gaya pegas
*      Guru menjelaskan energi potensial pegas melalui diskusi informasi
*      Siswa mengerjakan latihan di bimbing guru dan membahas di depan guru
*      Guru menyimpulkan materi pelajaran

C.Kegiatan Akhir
Ø Menyimpulkan mareri pembelajaran
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa
V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
      Hand Out

B. Sumber Belajar
      a. a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
      d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif dan Afektif
     Aspek Kognitif                        : Terlampir


PERTEMUAN 3

I.  Tujuan Pembelajaran
  • Menyelidiki hubungan antara gaya dengan pertambahan panjang pegas
  • Menyimpulkan hasil percobaan dan mendiskusikan
  • Menjelaskan hukum Hooke pada pegas
                                                                         
                                                                           
II. Materi Ajar
            Hukum Hooke

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi, Ceramah, Pratikum

IV. angkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1
















2















3



  1. Kegiatan Awal
Ø  Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
Ø  Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu.
Ø  Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika kamu tidur diatas spring bed terasa kasurnya Turun, apa yang akan terjadi jika kamu bangkit dan beranjak darinya?mengapa demikian? Bandingkan kamu tidur diatas dipan yang berkasur kapuk
Ø  Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pmbelajaran yang akan dicapai

B.Kegiatan Inti
*      Mempersiapkan alat dan bahan untuk percobaan menemukan hubungan gaya tarik dan terhadap pegas dengan pertambahan panjang pegas
*      Guru dan mendiskusikan  hasil percobaan
*      Siswa menyimpulkan hokum Hooke secara matematik
*      Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi dan memberi penekanan pada Hukum Hooke pada pegas

C.Kegiatan Akhir
Ø Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa


10
















15



20

5

20


10




10






Thinking skill

















Thingking skill

Memecahkan masalah


Mengolah informasi




V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
A. Alat dan Bahan
                  Hand out
B. Sumber Belajar
      a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
      b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
      c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
      d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005
VI. Penilaian
A. Bentuk Penilaian                      : Tes Tulis dan Tugas
B. Jenis Tes                                   : Tugas Individual
C. Aspek Penilaian                       : Kognitif , Afektif dan Psikomotor
     Aspek Kognitif                        : Terlampir


PERTEMUAN 4
I.  Tujuan Pembelajaran
  • Menganalisis Penerapan pegas seri dan paralel dalam kehidupan sehari-hari
  • Menyelesaikan permasalahan pegas di susun seri dan paralel
                                                                            
II. Materi Ajar
            Susunan  Seri dan Paralel Pegas

III. Metode Pembelajaran
            Diskusi, Ceramah

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
KEGIATAN
WAKTU
LIFE SKILL
1
















2












3



  1. Kegiatan Awal
Ø  Guru mengabsen siswa dan mempersiapkan kondisi kelas untuk belajar
Ø  Guru menyampaikan apersepsi kepada siswa untuk membangkitkan ingatan siswa tentang materi terdahulu.
Ø  Untuk menggali konsepsi awal siswa, guru mengemukakan beberapa pertanyaan sebagai berikut; Ketika kamu tidur diatas spring bed terasa kasurnya Turun, apa yang akan terjadi jika kamu bangkit dan beranjak darinya?mengapa demikian? Bandingkan kamu tidur diatas dipan yang berkasur kapuk
Ø  Untuk memfokuskan perhatian siswa, guru menyampaikan tujuan pembelajaranyang akan dicapai

B.Kegiatan Inti
*      Siswa bersama Guru mendiskusikan Susunan seri pegas dan menyimpulkan rumusan Matematiknya
*      Siswa bersama Guru mendiskusikan Susunan Paralel pegas dan menyimpulkan rumusan Matematiknya
*      Guru .memberikan soal-soal kepada siswa dan siswa mempresentasikan jawabannya didepan kelas
*      Guru mendiskusikan sambil mengkoreksi

C.Kegiatan Akhir
Ø Menyimpulkan materi pembelajaran
Ø  Pemberian tugas
Ø  Memberikan informasi untuk pertemuan yang akan dating pada siswa


10
















15


20


25


10



10






Thinking skill

















Thingking skill

Memecahkan masalah


Mengolah informasi



V. Alat dan Bahan / Sumber Belajar
      A. Alat dan Bahan
            Charta

      B. Sumber Belajar
            a. a. Buku Fisika untuk Kelas XI, Bob Foster, Erlangga, 2004
            b. Buku Fisika untuk Kelas XI, Supriyanto, Phieta, 2007
            c. Buku Físika untuk kelas XI, Kamanjaya , Gravindo, 2004
            d. Buku Físika untuk kelas XI, Agus Taranggono, Hari Subgyo, 2005

VI. Penilaian
     A. Bentuk Penilaian                       : Tes Tulis dan Tugas
     B. Jenis Tes                                    : Tugas Individual
     C. Aspek Penilaian                         : Kognitif dan Afektif
          Aspek Kognitif                         : Terlampir


                                                                                             Muara Panas, Juli 2011
            Mengetahui
            Kepala SMAN 1 Bukit Sundi                                  Guru Mata Pelajaran

           
            Erpenis, S.Pd, M.M                                                  GusmaiYendrawati, S.Pd
            NIP. 196905261985011001                                     NIP. 1973080620022005

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar